HaloBojonegoro.com – Jelang tahun 2014, Bupati Bojonegoro Kang Yoto (KY) menggelar diskusi dan pemantapan bersama Forpimda dan jajaran pemerintahan KabupatenBojonegoro (12/12) diruang Angling Dharma Pemkab Bojonegoro, sesaat sebelum mengikuti rapat paripurna pengesahan RAPBD 2014. Tahun depan adalah tahun krusial bagi Kabupaten Bojonegoro, tahun pertama pelaksanaan RPJM dan RPJP Bojonegoro.

Dipunggawai Kang Yoto, target-target prestisus ditetapkan guna mencapai visi Kabupaten Bojonegoro sebagai lumbung pangan dan energi negeri, untuk itu perlu dilakukan penguatan-penguatan, khususnya kepada aparatur pemerintah sebagai ujung tombak pembangunan. Awali dengan 3K yaitu Komitmen Kompetensi dan Keterbukaan, sebagai modal utama dalam peningkatan kinerja, pencegahan korupsi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan.

“ RPJP dan RPJMD harus menjadi bagian kehidupan mulai dari pemimpin sampai dengan staf terbawah, jadi staf dituntut memiliki kemampuan layaknya seorang pemimpin”  tandas KY, penting bagi aparat untuk tahu tujuan dan target apa yang hendak dicapai dan relevansinya dengan program dan kegiatan SKPD, keduanya harus selaras dan seimbang, adalah langkah pertama yang harus dipahami paratur.

Langkah kedua adalah pemahaman tentang pelaksanaan pembangunan mengenai proses, administrasi maupun pelaporan, dan ketiga adalah untuk meningkatkan pengendalian dan pengawasan dalam kegiatan pembangunan dan pemerintahan, dilanjutkan dengan langkah keempat yaitu untuk memilih aparat yang berkompeten untuk melaksanakan program tersebut.

Kang Yoto menyampaikan trik dalam memilih staf yang berkompeten, walau tetap membutuhkan penelitian lebih lanjut, namun kompetensi seseorang senantiasa tercermin dalam prilaku secara kasat mata, pilihlah orang yang memiliki INTEGRITAS dan ANTUSIASME, mereka adalah type good of human  resource quality.

Langkah-langkah aksi lain sebagai pendukung pengejawantahan visi misi Kabupaten Bojonegoro dan membuat branding atau labelisasi program sehingga menarik dan menjadi ikon Kabupaten Bojonegoro adalah langkah kelima dan keenam yang ditekankan KY.

Masih dalam acara  yang sama, secara khusus Sekretaris Daerah Soehadi Mulyono, menyampaikan langkah-langkah strategis mengenai efisiensi kelembagaan pemerintah,  serta pengendalian dan pengawasan sehingga terbentuk sistem pemerintahan yang efektif, efisien dan mencegah sedini mungkin trehadap praktik-praktik korupsi.

Dengan pemahaman yang mantap, Bojonegoro siap menyambut tahun 2014.

Kepala Bagian Humas dan Protokol

HARI KRISTIANTO, S.STP,M.Si

Komentar :