HaloBojonegoro.com – Pemerintah Arab Saudi mengurangi kuota jamaah Haji tahun 2013. Kebijakan ini diberlakukan untuk jamaah haji asal Indonesia.

Pengurangan kuota jamaah haji sebanyak 20 persen itu dikarenakan ada renovasi Masjidil Haram. Renovasi itu mengakibatkan pengurangan calon jamaah haji di wilayah tempat tinggal masing-masing.

Menanggapi adanya pengurangan kuota jamaah haji, pihak Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bojonegoro hingga saat ini masih belum menerima surat resmi atas instruksi dari pemerintah pusat.

Kasubag TU Kemenag Kabupaten Bojonegoro, Masruhkin menjelaskan, pengurangan kuota jamaah haji sebanyak dua puluh persen itu, dirasa sangat memberatkan. Sebab, sebanyak 1034 calon jamaah haji asal kabupaten Bojonegoro sudah melakukan pelunasan dan tinggal menunggu pemberangkatan. Kalau memang pengurangan kuota haji itu benar-benar terjadi, calon jamaah haji yang tertunda pemberangakatannya pasti nggrundel (sakit hati) kata Masruhkin. (13/06/13)

Masruhkin menambahkan, pengurangan kuota ini akan mengakibatkan makin lamanya waktu pemberangkatan. Sementara tahun ini calon jamaah haji asal Kabupaten Bojonegoro yang akan berangkat sebanyak 1034 orang. Dengan adanya pengurangan ini, sekitar 200 orang pemberangkatannya tertunda…(Luh)

Komentar :