HaloBojonegoro.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bojonegoro mewaspadai paket Parcel lebaran yang sudah tidak layak konsumsi dan mengandung metanin yellow (pewarna) yang dijual di swalayan maupun pertokoan di Kabupaten Bojonegoro.

“Kami sudah mengeluarkan beberapa surat kepada penjual parcel,” kata Kasi Kesehatan Lingkungan, Diknas Bojonegoro, Muhamad Sholeh. Minggu (21/07/2013).

Dijelaskan, menjelang hari raya mendatang dirinya akan menggelar razia lagi, setelah beberapa waktu lalu sudah menggelar razia di beberapa supermarket Bojonegoro, hanya saja razia kali ini waktunya belum ditentukan, dirinya masih menunggu ketetapan waktu dari pihak kepolisian.

“Ya, kita mengantisipasi adanya korban makanan yang sudah tidak layak konsumsi, kita sidak lagi tempat-tempat yang menjual parcel,”ungkapnya.

Beberapa makanan yang diwaspadai antara lain, makanan yang mengandung metanin Yellow (pewarna) yang harusnya digunakan untuk kertas, rodamin b, borak, kadaluarsa, tidak ada kode kadaluarsa, dan makanan yang sudah dimakan tikus.

“Bahayanya dalam jangka waktu lama, 25 tahun mungkin baru terdeteksi yang mengakibatkan penyakit kanker dan tumor, bisa juga dalam waktu cepat langsung keracunan,” pungkasnya…(Had)

Komentar :